penulisan novel

Cara Menulis Novel Bagi Pemula Langkah Demi Langkah

Diposting pada

Menulis novel mampu jadi merupakan virtual poly orang. Mungkin galat satunya merupakan kamu. Sebab selain menyenangkan, tentu ada perasaan bahagia apabila karyamu bisa diterbitkan. Jika mungkin malah dibaca banyak orang dan kemudian masuk dalam jajaran novel best seller.

Tetapi kebanyakan berdasarkan hasrat itu hanya sebatas cita-cita saja. Banyak yg nir kunjung memulai menulis novelnya sendiri. Alasannya beragam, yang paling acapkali merupakan “gw seseorang pemula, nir memahami bagaimana caranya menulis novel” .

apabila sudah begini maka akan sulit buat memulai menulis novel. Bahkan buat membuat beberapa kalimat pembuka saja nir ada gambaran. Tetapi jangan risi, pada sini akan dibahas langkah demi langkah cara menulis novel bagi pemula.

Sebelum memulai menulis novel pertamamu, terdapat enam termin yg perlu dilalui.

Tahapan tersebut dikelompokkan sebagai tiga proses utama.

1. Proses Awal Menulis Novel

Proses yang satu ini sangat krusial & penting baik bagi pemula maupun penulis novel senior. Sebab proses ini adalah pondasi dasar pada menulis novel. Sama misalnya pondasi pada umumnya, tentu haruslah kuat.

Tujuannya supaya novel yang diterbitkan nantinya bisa berkesan & dinikmati pembacanya. Sebab tugas seseorang penulis adalah menyebarkan perasaan pada pembacanya. apabila perasaan itu tersampaikan, maka pembaca akan hanyut dalam cerita pada dalamnya.

Proses awal pada penulisan novel dibagi dalam dua termin. Tahap pra penulisan & penyusunan kerangka novel.

2. Tahap Pra Penulisan Novel

Pada tahapan yg satu ini penulis wajibmenggali ilham & memilih tema. Ide merupakan gambaran umum tentang cerita yg ingin ditulis. Sedangkan tema lebih spesifik lagi.Novel yang rupawan nir harus mempunyai wangsit yang original. Ide mainstream & wangsit daur ulang juga mampu digunakan. Contohnya cerita cinta segitiga, persahabatan dan impian.Pastikan tema novelmu kentara. Tema bisa satu unsur atau adonan dari beberapa unsur. Contohnya cerita percintaan anak basket dengan bintang kelas. Bisa pula horor percintaan antara gadis pemburu vampir & lelaki berdarah adonan.apabila masih gundah tentang ilham & tema, kamu sanggup mencari rujukan menurut kitab-buku yg homogen. Contohnya buat wangsit dan tema cinta segitiga, persahabatan & impian bisa merujuk dalam novel Winna Efendi.

Baca Juga  6 Aplikasi Menulis Novel Online Yang Sanggup Caricuan

3. Penyusunan Kerangka Novel

Setelah menerima ilham & tema yg pas, selanjutnya engkaubisa menyusun kerangka novelmu.Karakter/PenokohanCiptakan karakter yg unik dalam novelmu. Karakter yg unik sanggup menciptakan pembaca penasaran. Sehingga dapat memancing pembaca buat terus mengikuti alur cerita di dalamnya.Tulis secara detail mulai menurut nama, jenis kelamin, karakteristik fisik, kepribadian, kebiasaan, hobi & hal-hal lebih jelasnya lainnya.Tentukan posisi masing-masing karakter. Siapa yg protagonis, antagonis, atau penengahnya. Mana karakter primer, karakter pendukung, atau figuran.

Terakhir & paling penting adalah karakter haruslah manusiawi dan rasional.

Sudut Pandang/Point of ViewTentukan sudut pandang cerita yang akan engkauambil. Perhitungkan secara matang taraf keluwesannya. Sudut pandang yg kamu ambil harus bisa menggambarkan adegan-adegan pada novelmu secara apik.

Kamu mampu memakai satu atau lebih sudut pandang. Namun terdapat baiknya pilih satu saja yang paling cocok dengan ceritamu.Alur/PlotPada dasarnya, hampir seluruh cerita menggunakan tiga plot dasar. Plot maju, plot mundur, atau adonan antar keduanya.

Masing-masing plot mempunyai kekuatan penggambaran tersendiri. Maka unsur yang satu ini akan menentukan kemana arah ceritamu dibawa.

Pertarunga dan EndingDalam cerita yg engkaubuat haruslah terdapat pertarungan pada dalamnya. Permasalahan yang indah dimulai menggunakan percikan mini, lalu mengembang & memuncak.

Hindari konflik yg dipaksakan. Perseteruan yg dipaksakan akan Mengganggu alur dan akhir cerita. Buatlah senatural mungkin.Jangan lupa siapkan jua ending yg tepat buat mengakhiri cerita. Hindari ending yg klise, akan lebih baik bila ending jua dibentuk senatural mungkin.

Baca Juga  5 Langkah Gampang Menulis Novel Lebih Cepat & Berkualitas

Gunakan akhir yang kentara buat novel tanpa seri. Sebaliknya, ciptakan akhir yg mengantung buat novel seri yg akan engkau tulis.

2. Proses Menulis Novel

Akhirnya engkaudatang dalam proses yg paling dinantikan-tunggu. Proses menulis naskah pertamamu.

Setelah proses awal dan semua tahapannya telah engkaulakukan, engkauberhak buat maju ke proses yg penting ini. Sebab 60% syarat sudah kamu penuhi. Selanjutnya tinggal mewujudkannya dalam bentuk naskah.

Proses penulisan novel pula dibagi pada 2 termin. Tahap drafting dan termin editing.

Tahap Drafting

Drafting merupakan tahapan utama dalam menulis novel. Sebab tanpa melakukan tahap ini, kamu hanya akan berakhir dalam angan-angan saja. Ide yang sudah terbangun sanggup menguap menggunakan cepat kapan saja. Jadi jangan buang kesempatanmu & lakukan sekarang pula.Mulailah menurut kalimat pembuka yg apik dan mengundang rasa penasaran. Bisa dimulai menggunakan deskripsi atau pribadi pada permasalahan.Gunakan diksi yang sinkron dengan cerita yang ingin engkaubangun. Jangan memaksakan diksi yg hiperbola. Pilih & rangkai senatural mungkin.Tentukan saat yg sempurna buat menutup paragraf usang dan membuka paragraf baru.Bagi cerita dalam novelmu kedalam beberapa penggalan cerita atau chapter. Tidak perlu banyak-poly, asalkan cerita bisa tersampaikan, sedikit jua nir kasus.Sematkan catatan kaki pada istilah-kata spesifik dalam novelmu. Tujuannya agar cerita nir melebar dan pembaca memahami kata tersebut.

Tahap Editing

Setelah naskah terselesaikan ditulis, periksa kembali naskahmu. Bila perlu cetak naskahmu supaya lebih mudah dikoreksi. Siapkan spidol berwarna untuk memberi tanda & catatan.Pastikan penulisan naskah sesuai dengan anggaran EYD.Buang atau perbaiki kata atau kalimat yang tidak efektif.Ulangi beberapa kali sampai dirasa telah cukup dikoreksi.Lakukan pemugaran pada naskah yg sudah dikoreksi tersebut.Koreksi ulang naskah yg sudah diedit tadi. apabila dirasa telah relatif maka naskahmu siap menuju proses & tahapan berikutnya.

Baca Juga  14 Cara Menulis Novel Buat Pemula - Penerbit Deepublish

3. Proses Akhir Menulis Novel

Pada proses ini jantungmu akan dibentuk deg-degan. Pertanyaan-pertanyaan kecil mulai ada & tenggelam di pikiranmu. Rasa campur aduk rata & sensasi aneh perlahan mulai engkaurasakan.

Sebentar lagi novelmu akan masuk proses penyempurnaan dan tahap finishing. Namun bukan berarti naskahmu sudah mendapat agunan niscaya. Karena bagian ini biasanya dapat berkebalikan seratus delapan puluh derajat.

Proses akhir penulisan novel dibagi dalam 2 termin. Tahap proofreading dan tahap pengiriman naskah.

Tahap Proofreading

Proofreading adalah tahapan dimana naskah novelmu dievaluasi. Tujuannya buat mendapatkan tanggapan, kritik, & saran menurut pembaca.Sebaiknya cari proofreader yg bisa kamu andalkan pada hal ini.Cobalah minta orang terdekatmu buat memberi penilaian. Misalkan keluargamu, sahabat, atau bahkan teman editor.Minta mereka buat menciptakan catatan kecil mengenai testimoni mereka.Kumpulkan semua testimoni tersebut & simpulkan.Jika dirasa terdapat yang perlu dibenahi maka lakukan. apabila tidak lewati saja.

Tahap Pengiriman Naskah

Tahap ini bisa dikatakan merupakan termin pamungkas. Tahap dimana kamu akan mengirimkan naskahmu dalam penerbit. Ada beberapa hal yg perlu kamu perhatikan menggunakan serius disini.Pilih penerbit yang sinkron menggunakan jenis naskahmu. Tujannya supaya naskahmu berpeluang akbar diterbitkan.Baca anggaran pengiriman nasakah & taati kondisi yg disebutkan oleh penerbit tadi.Susun menggunakan rapi naskahmu. Jika perlu sudah pada bentuk layout yg enak buat dibaca.Kirim sinkron petunjuk & pastikan naskahmu sampai pada meja redaksi.Siapkan mentalmu bila-jika naskahmu diterima atau justru mendapat penolakan.

Bagaimana? Sudah bisa citra kentara tentang menulis novel bagi pemula? Jika telah, lalu tunggu apalagi. Segera tulis, kurasi, dan terbitkan naskahmu.

PS: Jika engkaumengalami beberapa kendala, terdapat yg samar-samar, atau apa pun yang ingin ditanyakan, sila buka obrolan melalui hubungan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.